Penjumlahan field (Fungsi SUM) pada Crystal Report dengan C# dan SQL Server

Penjumlahan field (Fungsi SUM) pada Crystal Report dengan C# dan SQL Server - Untuk membuat report pada Visual Studio biasanya kita menggunakan Crystal Report bawaan dari Visual Studio 2008. Nah, disini saya akan berbagi langkah-langkah untuk membuat Report dengan menggunakan Crystal Report dan tentunya penggunaan Fungsi SUM pada Crystal report.
Langsung saja, pertama kita harus membuat dulu databasenya.
Isi table dengan record.
Kemudian, buat design pada Crystal Report.
Klik kanan project, Pilih Add kemudian pilih Reporting, kemudian pilih Crystal Report dan tulis nama report yang akan kita buat.
Jika keluar tampilan seperti ini maka Close dengan mengklik tombol Close pojok kanan form.
Jika sudah akan tampil design Crystal report seperti dibawah ini. Design sesuai keinginan.

Saya misalkan disini saya buat design dari report Neraca Lajur. Kenapa saya menggunakan ini ? Karena saya anggap form ini mewakili pembahasan kita kali ini yaitu membuat fungsi SUM pada Crystal report.



Kita akan mencari jumlah dari field debet pada neraca saldo.
Pertama, buat formula dengan cara, Klik kanan pada Formula Field kemudian pilih New.
Tulis nama formula kemudian pilih Use Editor
Ketika muncul tampilan seperti dibawah ini, maka lakukan seperti gambar dibwah ini. Pilih function SUM (fld) kemudian double klik field yang ingin djumlahkan. Kemudian terakhir pada pojok kiri atas, pilih Save and Close.
Jika sudah dibuat, selanjutnya buat untuk field-field yang lain yang ingin dijumlahkan. Kalo sudah tinggal tarik menarik skrg.. Hehe.
Hampir finishing, untuk terakhir tinggal drag saja field dari formula yang sudah kita buat. Liat gambar dibawah ini

Selanjutnya tinggal memanggilnya melalui form dan hasilnya seperti ini. Disini sebenarnya saya menggunakan parameter pada form untuk pemanggilannya. Namun disini karena kita membahas penjumlahan saja, saya akan tampilkan hasil jadinya. Untuk pemanggilan Crystal Report dengan parameter akan saya bahas dkemudian hari stelah ini. Hasilnya Seperti ini :
karena data yang sya gunakan sebagai contoh adalah Ngawur, jdi minus2.. :D maaf yaa..
Semoga bermanfaat. ^^









5 komentar

terima kasih mba, sangat membantu.. :D

hey, kebetulan nih saya blogwalking dan nemu artikel yg saya butuhkan mengenai c# dan saya juga programmer c# , mungkin aganwati bisa email saya syahlevipc@gmail.com dan fb saya genzo tossa wakabayashi, saya ada projek sistem informasi mungkin saya bisa berkonsultasi lebih jauh dengan agan wati

mbak untuk rumus sdebit dan skredit gimana?

Berkomentar yang sopan ya, Terimakasih sahabat..
EmoticonEmoticon