Sistem Basis Data >> Narasi Rental Mobil

NETY HERAWATI
D3 Manajemen Informatika / D / 2010


Penyewaan Mobil

Perusahaan yang bergerak dalam jasa penyewaan mobil membutuhkan perangkat lunak untuk meningkatkan efisiensi bisnis sewa mobilnya. Perusahaan ini tidak memiliki cabang di tempat lain, sehingga perangkat lunak tadi hanya akan digunakan sendiri. Perusahaan hanya menyewakan mobil penumpang, bukan mobil barang atau yang lain.
Perangkat lunak yang dibangun akan difokuskan kepada pengelolaan transaksi penyewaan mobil yang meliputi:
1.      Pendaftaran anggota. Seseorang hanya dapat menyewa mobil jika sudah terdaftar sebagai anggota berupa ID_Cust, Nama_Cust, Alamat, Telp. Saat mendaftar, seseorang juga diminta memberikan jaminan.
2.      Alamat Customer yang dicatat dibedakan antara nama Jalan, Kota, Propinsi, Kode Pos. Sedangkan No Telepon dibedakan jenis teleponnya apakah termasuk telepon kantor (bisnis), mobile.
3.      Pencatatan pembayaran sewa mobil. Pembayaran hanya dilakukan secara tunai dan biaya penyewaan bisa bervariasi untuk setiap jenis mobil yang disewa. Transaksi pembayaran yang dicatat yaitu Nomor Nota, Tanggal Pinjam, Tanggal Kembali, dan Total Bayar.
4.      Pengelolaan data ketersediaan mobil yang dimiliki perusahaan untuk disewakan. Berupa Kode Mobil, No Polisi, Merk, Tahun, Isi Silinder, Bahan Bakar, Warna, dan Harga Sewa.
5.      Jenis Mobil, berisi ID Jenis dan Jenis Mobil.
6.      Penyewa mobil dapat memakai jasa sopir dari perusahaan jika diperlukan. Data Supir berupa Kode Supir, Nama Supir, Alamat, Kota, dan Telepon.
7.      Seorang Supir bisa menjadi Supir dari beberapa mobil tergantung waktunya.
8.      Data Pegawai yang berisi ID Pegawai, Nama Pegawai, Alamat, Kota, dan Telepon.

Berkomentar yang sopan ya, Terimakasih sahabat..
EmoticonEmoticon