Penyakit Anxietas [Rasa Cemas Berlebihan] dan Cara Mengatasinya

Penyakit Anxietas [Rasa Cemas Berlebihan] dan Cara Mengatasinya - Masalah emosional dan mental sulit untuk didefinisikan dan dijelaskan. Seperti rasa kecemasan. Kecemasan adalah salah satu bentuk emosi negatif. Baik bersifat rasional maupun irasional, kecemasan bisa menjadi persoalan tersendiri bagi yang mengalaminya.
Penyakit Anxietas [Rasa Cemas Berlebihan] - Rasa khawatir, gelisah, takut, waswas, tidak tenteram, panik dan sebagainya merupakan gejala umum akibat cemas. Namun sampai sebatas mana situasi jiwa berupa cemas itu dapat ditoleransi oleh seorang individu sebagai kesatuan utuh. Karena seringkali cemas menimbulkan keluhan fisik berupa berdebar-debar, berkeringat, sakit kepala, bahkan gangguan fungsi seksual dan beragam lainnya.
Begitu banyak manifestasi gejala akibat cemas. Begitu banyak pula penderita yang terkecoh, menganggap fisiknya yang sakit, sehingga mereka gonta-ganti dokter sampai minta dilakukan operasi dan bahkan ada yang minta bantuan dukun. Dengan begitu, bahwa cemas menjadikan seseorang tidak rasional lagi. Karena itu, selagi Anda masih dapat berpikir rasional, kenalilah gejala cemas yang sakit (anxietas) itu.
Kecemasan pada umumnya berhubungan dengan adanya situasi yang mengancam atau membahayakan. Dengan berjalannya waktu, keadaan cemas tersebut biasanya akan dapat teratasi sendiri. Namun, ada keadaan cemas yang berkepanjangan, bahkan tidak jelas lagi kaitannya dengan suatu faktor penyebab atau pencetus tertentu. Hal ini merupakan pertanda gangguan kejiwaan yang dapat menyebabkan hambatan dalam berbagai segi kemampuan dan fungsi sosial bagi penderitanya. Tidaklah mudah untuk membedakan cemas yang wajar dan cemas yang sakit. Karena keduanya merupakan respons yang umum dan normal dalam kehidupan sehari-hari.
Keadaan cemas yang wajar merupakan respons terhadap adanya ancaman atau bahaya luar yang nyata jelas dan tidak bersumber pada adanya konflik. Sedangkan cemas yang sakit (anxietas) merupakan respons terhadap adanya bahaya yang lebih kompleks, tidak jelas sumber penyebabnya, dan lebih banyak melibatkan konflik jiwa yang ada dalam diri sendiri.
Sebenarnya, di antara berbagai jenis gangguan cemas, yang umum dikenal adalah gangguan panik dan gangguan cemas menyeluruh (anxietas).

Kecemasan akan tidak sehat atau berlebihan ketika perasaan itu berhenti membuat kita bertindak. Ini bisa terjadi sebab kita mengkhawatirkan hal-hal yang berada di luar kendali atau yang belum terjadi. Apapun alasannya, kecemasan yang berlebihan menyebabkan tekanan pada pikiran dan tubuh yang nantinya akan mempengaruhi kesehatan mental dan fisik.

Berikut cara mengatasinya dengan kecemasan berlebihan seperti dilansir healthmeup:
  • Cobalah untuk memahami apa yang memicu kecemasan Anda.
  • Ganti pikiran negatif dan rasa tak berdaya dengan sikap optimis.
  • Jangan khawatir tentang masalah kecil, karena dapat meningkat menjadi masalah besar.
  • Berbicara dengan teman-teman atau keluarga yang mendukung
  • Olahraga dan tetap sehat, hindari kafein.
  • Tidur yang cukup sangat penting agar lebih tenang dan dapat berpikir jernih.
Pengobatan untuk kecemasan:

Anda bisa mengonsumsi obat-obatan medis dengan di bawah pengawasan dokter. Anda juga dapat melakukan berbagai terapi agar kecemasan bisa berkurang sedikit demi sedikit. Selalu beri dukungan bagi mereka agar kecemasan berangsur pulih.

Segera hilangkan rasa cemas dari pikiran Anda demi terciptanya kehidupan yang damai dan bahagia.

Sumber
http://www.merdeka.com/sehat/hilangkan-rasa-cemas-berlebihan-dengan-cara-ini.html
http://anekacara.blogdetik.com/penyakit-anxietas-rasa-cemas-berlebihan/

Berkomentar yang sopan ya, Terimakasih sahabat..
EmoticonEmoticon